Selamat Datang di Halaman Blog Polres Sumbawa Barat | Link ke polri.go.id | Telah launching sms dan telephone pengaduan masyarakat di nomor 081915998885 sehingga bagi anda yang memiliki informasi kriminal silakan sms ke nomor tsb dan akan segera kami tindak lanjuti. Hubungi kami untuk informasi tempat - tempat vital di KSB | Gabung di Facebook Polres Sumbawa Barat "ANGGOTA POLRES KSB" untuk mendapatkan berita dan informasi kegiatan terbaru di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat

Kamis, 31 Maret 2011

Kapolres KSB Jalin Kemitraan Dengan Wartawan

Taliwang, Gaung NTB
Hubungan Polres KSB dengan wartawan yang sempat membeku karena sikap tertutupnya jajaran setempat terhadap informasi yang dikonfirmasi insan pers, kini mencair. Hal ini setelah Kapolres setempat AKBP Hadi Gunawan SH SIK, secara inisiatif mengundang sejumlah wartawan yang tergabung dalam KOMPERS (Komunitas Pers) KSB wartawan untuk bersilaturrahim, Sabtu (26/3).
Ketua Kompers KSB, Khairil Wansyah dalam kesempatan itu mengakui bahwa wartawan merasa kesulitan dalam melakukan konfirmasi berita.
Jika memang Satuan Binmas telah diberlakukan, ke depan diharapkan agar lebih proaktif dalam menyampaikan informasi baik itu melalui via email dan sebagainya, karena wartawan dalam melakukan peliputan juga terpacu oleh deadline waktu sebagaimana ditentukan oleh redaksi. “Jika menunggu press release, membutuhkan waktu lama, dan kami tidak dapat melakukan penggalian terhadap informasi yang kami peroleh,” kata Khairil.
Karenanya Ia berharap hal itu dapat dipertimbangkan sehingga terjalin kemitraan yang baik antara pihak kepolisian dan Pers.
Di bagian lain sejumlah wartawan memberikan apresiasi dengan jajaran Satlantas Polres KSB yang lebih proaktif dan intensif memberikan informasi kepada wartawan seputar kasus kecelakaan, gerakan TMC, sidang penilangan dan informasi lainnya.
Mereka juga memuji kemitraan pers dengan jajaran Polres Sumbawa yang terbina cukup bagus, sehingga banyak kasus yang terekspos, meski kasus kecil sekalipun. Demikian halnya di Polda NTB bahkan di Mabes Polri, yang sangat proaktif dalam memberikan informasi dan memberikan pelayanan kepada pers dalam melakukan konfirmasi.
Menanggapi hal itu Kapolres KSB AKBP Hadi Gunawan SH SIK mengatakan bahwa pihaknya sangat welcome terhadap wartawan. Hanya saja ketika wartawan hendak melakukan konfirmasi, bertepatan pada saat dirinya sedang memimpin rapat yang memang tidak bisa ditinggalkan ataupun diwakilkan.
Sejauh ini apa yang telah diberlakukan di Polres KSB, setiap informasi kepolisian diupayakan melalui corong satu pintu yakni Satuan Binmas. “Wartawan bisa memperoleh informasi tersebut tanpa harus bertemu langsung dengan Kapolres dalam mengkonfirmasi setiap pemberitaan,” katanya.
Diakui Hadi, pada saat ini mungkin pelaksanaan Binmas belum sesuai harapan wartawan dikarenakan AKP Bambang Triyono, sebagai Kasat Binmas KSB yang penugasannya belum terlalu lama sehingga pihaknya masih memberikan bimbingan terkait informasi yang layak disampaikan kepada public. “Hal-hal inilah yang diharapkan kepada rekan-rekan wartawan untuk dapat dimaklumi sementara waktu,” pintanya.
Lebih jauh dikatakannya, selain secara langsung, informasi akan disampaikan secara tertulis melalui press release, maupun memanfaatkan tekhnologi untuk keterbukaan informasi publik dan pelayanan masyarakat. “Kami membuka line telepon dan SMS pengaduan masyarakat di nomor 081339765636,” sebutnya.
Polrses KSB juga memiliki website, polresksb.blogspot.com yang berisikan tentang berita-berita terkini seputar pemerintahan KSB, perkembangan kasus-kasus di wilayah KSB, tips-tips menarik, seputar olahraga, data tilang, serta pelayanan masyarakat. Bahkan tekhnologi ini digunakan Polres KSB sebelum terbitnya UU Keterbukaan Informasi Publik (UU No. 14 tahun 2008) yang diterbitkan tertanggal 30 April 2008.
Melalui website ini pula Polres KSB menjalin jaringan social dengan masyarakat KSB maupun luar KSB tanpa terkecuali melalui Facebook, group anggota Polres memiliki teman sebanyak lebih dari 250 orang. Selain didunia maya, Polres KSB juga menjalin kemitraan dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, adat, LSM, wartawan bahkan dengan masyarakat kecil. Terbukti dengan dibentuknya Babinkamtibmas ini, permasalahan-permasalahan masyarakat di setiap desa diketahui oleh pimpinan dan pejabat yang lain dengan cepat dan dengan cepat pula ditangani.
Termasuk pula dengan Pers, Kapolres juga membagikan informasi yang diperlukan sejalan dengan telah dibentuknya Satuan Binmas, yang merupakan corong informasi satu atap. Dimana segala informasi kepolisian terpusat pada Satuan Binmas “Disini lah ada pendelegasian tugas Kapolres kepada Sat Binmas di bidang informasi kepolisian yang sekaligus sebagai PID di Polres KSB,” ujar AKBP Hadi Gunawan SH SIK.
Terkait persoalan wartawan dengan kepolisian, menurut Kapolres, hanya miss komunikasi. Ke depan hubungan kemitraan antara kepolisian dan kalangan Pers KSB akan lebih baik seiring dengan komitmennya mendelegasikan Sat Binmas dalam memberikan informasi.

sumber : gaungntb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar