Selamat Datang di Halaman Blog Polres Sumbawa Barat | Link ke polri.go.id | Telah launching sms dan telephone pengaduan masyarakat di nomor 081915998885 sehingga bagi anda yang memiliki informasi kriminal silakan sms ke nomor tsb dan akan segera kami tindak lanjuti. Hubungi kami untuk informasi tempat - tempat vital di KSB | Gabung di Facebook Polres Sumbawa Barat "ANGGOTA POLRES KSB" untuk mendapatkan berita dan informasi kegiatan terbaru di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat

Senin, 02 Mei 2011

2010, Laka Lantas KSB Meningkat

SUMBAWA -- Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) di Sumbawa Barat (KSB) tahun 2010 meningkat drastis. Dibandingkan tahun 2009 yang hanya 46 kasus, tahun 2010 angka lakalintas mencapai 90 kasus. Hal ini disampaikan Kasat Lalulintas Polres KSB AKP Eliantoro Jalmaf,Sik saat berkunjung ke Polres Sumbawa Sabtu lalu.
Meningkatnya angka lakalantas menurutnya disebabkan berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor jalan yang masih banyak rusak. ‘’Titik rawan di Seteluk dan dalam Kota Taliwang,’’ jelasnya.
Selain itu kesadaran masyarakat pengguna jalan yang masih rendah. Terakhir sepanjang jalan masih kurang rambu-rambu lalulintas.
Yang patut disyukuri, triwulan pertama pada tahun 2011, jumlahnya menunjukkan tren menurun. Hingga akhir April, baru terjadi 12 kasus. Hal ini bisa jadi dengan semakin giatnya anggota Satlantas melakukan operasi. Dalam kegiatan ini lebih kepada menyadarkan masyakarat tentang arti penting keselamatan diri dalam berkendaraan.
Eliantoro menambahkan, Satlantas Polres KSB saat ini sudah menerapkan pelayanan masyarakat secara online. Bekerja sama dengan Dinas Dukcapil, misalnya, dalam pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) data pemohon bisa langsung terlihat di data base Polres. ‘’Bahkan sampai berapa kali dia pernah kena tilang, langsung terlihat,’’ jelasnya.
Terkait  dengan kunjungan ke Polres Sumbawa, Eliantoro mengaku atas undangan Kasat Lantas Polres Sumbawa. ‘’Kalau itu, tanya langsung pada beliau ini (Kasat Lantas Sumbawa),’’ ujarnya sambil menepuk pundak rekannya.
Kasat Lantas Sumbawa Iptu Suyasa menjelaskan, mengundang rekannya dari KSB adalah untuk mensinkronkan data laka lalulintas, dengan yang ada di Perusahaan Asuransi PT Jasa Raharja. ‘’Upaya ini dilakukan karena ada selisih data laka lantas di kami dengan yang ada di Jasa Raharja,’’ ujarnya.
Terjadinya selisih ini, karena setiap kecelakaan yang terjadi, tidak semua korban melaporkan klaim asuransi yang didapatkan. Selain itu, terjadi juga akibat pelimpahan klaim, yakni korban kecelakaan yang melakukan klaim dari luar daerah. ‘’Namun selisih ini tipis saja,’’ ujar Kasat yang akrab dengan wartawan ini. (jar)

sumber : lombokpost.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar