Selamat Datang di Halaman Blog Polres Sumbawa Barat | Link ke polri.go.id | Telah launching sms dan telephone pengaduan masyarakat di nomor 081915998885 sehingga bagi anda yang memiliki informasi kriminal silakan sms ke nomor tsb dan akan segera kami tindak lanjuti. Hubungi kami untuk informasi tempat - tempat vital di KSB | Gabung di Facebook Polres Sumbawa Barat "ANGGOTA POLRES KSB" untuk mendapatkan berita dan informasi kegiatan terbaru di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat

Rabu, 13 Oktober 2010

Cara Memperkuat Sinyal Modem USB

Hae teman – teman, lewat blog Polres KSB ini saya mw bercerita sedikit tentang pengalaman saya utk memperkuat sinyal modem GSM ( SIM Card Telkomsel ).

Saat itu pertama kali saya menggunakan Modem USB Huwaei E156G yang menggunakan SIM Card Simpati. Saya coba – coba browsing di warnet cara daftar paket unlimited telkomsel dan akhirnya ketemu yaitu paket unlimited per 30 hari yang seharga 100rb ( maklum baru coba –coba ). Kemudian saya install di PC, dan saya setting APN dsb… saya coba – coba browsing walhasil lemot ples lemot – lemot banget, why….????? Saya bertanya dalam hati ( kayak lagu aj “Bertanya Dalam Hati” )

Dengan kapasitas internet yang seadanya ( yang lemot td tu ), saya coba browsing – browsing lagi “Cara Memperkuat Sinyal Modem GSM”. Beberapa tutorial saya praktekkan dari membuat antena bolik menggunakan tutup panci, pake kaleng minuman yang dibolongi, pake kaleng obat anti nyamuk semprot yang ditaruh di dekat Modem, dsb.. . . ternyata hasilnya kurang memuaskan karena sinyalnya paling banyak 2 bar dan berputar – putar sekitar EDGE – GPRS kembali lagi ke EDGE dan ke GPRS. Apakah mungkin gara – gara tempat saya berada di bawah bukit yang tingginya hampir 500 m dpl..?

Pada akhirnya saya terinspriasi dengan sebuah tutorial yang saya juga lupa alamatnya ( maaf ya ). Dalam tutorial tersebut dikatakan bahwa cara memperkuat sinyal modem GSM yaitu dengan cara meletakaan CD di bawah Modem USB yg sudah dicolokkan ke laptop, dengan sisi mengkilapnya menghadap ke atas dan di dekatnya diletakkan kaleng obat anti nyamuk semprot. Namun hal itu pernah saya coba dan saya kesulitan karena saya menggunakan PC sehingga posisi Modem dengan CD agak jauh sehingga posisi sinyal tidak ada perubahan.

Terinspirasi dari tutorial tadi, cara memperkuat siyal modem USB saya modifikasi sedikit. Modem USB tidak saya colokkan langsung di PC melainkan saya menggunakan kabel perpanjangan USB. Ujung USB kabel perpanjangan USB tersebut saya colokkan ke PC dan ujung satunya saya masukkan ke lubang CD, setelah itu modem GSM tu saya colokkan di ujung kabel perpanjangan USB tersebut yang sudah dimasukkan ke lubang CD dengan sisi mengkilap CD menghadap Modem. Dengan cara ini ada sedikit perubahan tadinya posisi sinyal berada di GPRS sekarang sudah bisa tembus ke WCDMA, dan dapet 3 bar sinyal. Belum puas juga hati saya, saya coba lagi menambahkan 4 keping CD ( tentunya mengkilapnya menghadadap ke atas juga ) di bawah CD yang pertama tadi, walhasil Woooowwwww…. STABIL Sinyal HSDPA full bar gak pernah turun – turun. Suerrr… nih fotonya lok masi bingung..


lampunya berwarna biru kan... bagi teman - teman yang menggunakan modem GSM seperti ini 


tinggal di letakkan aja kepingan CDnya di bawah Modem Flash ntu, inget ya sisi mengkilap menghadap ke atas dan liat hasilnya. Jika dengan 1 keping CD hasil belum terlalu memuaskan, bisa teman - teman tambahkan kepingan CDnya jadi 4 atau 5 ( banyak - banyak juga gpp )..


Jika ada sinyal 3G di tempat teman – teman, kemungkinan dapet juga sinyal 3G full bar, saya nggak dapet sinyal 3G karena emang lom ada layanan 3G di tempat saya.

Coba perhatikan speed koneksinya ( yang ada di tanda konneksinya tu ) mencapai 7,2 Mbps. Coba browsing, coba FB, coba Twetter, coba buka E-mail, bahkan coba download apa aja selama masih ada pulsanya, saya jamin teman – teman nggak bakalan sakit ati karena lama menunggu…

Selamat mencoba ya, jangan lupa commentnya, semoga berhasil…

12 komentar:

  1. Kren Bro.. Uda tu saya coba, berhasil jg.. mksi y tutornya..

    BalasHapus
  2. Sdh Sy@ Cba dan hasinya KreN Bgtz..
    Jd G BT2 nunggu sinyalx...Makasi Ya !!!

    BalasHapus
  3. wow... mantap gan... solusinya oke banget..

    mampir di web ane ya gan.. langsung ke TKP
    http://www.modemlaris.com/

    BalasHapus
  4. keren abiz...!!! sy coba dengan modem CDMA yg biasanya lemot, langsung kenceng bro...
    Thanks bgtz...:)

    BalasHapus
  5. arak2 bae kirom ne ja,.. base jak cipokari sweet,.. hahaha

    BalasHapus
  6. boleh dicoba Om.. mantaps...

    BalasHapus
  7. Thx admin atas smart solutionsx------
    doakan experiment saya berhasil

    BalasHapus
  8. mantab om.bisa di coba nih kebetulan saya orang baru di taliwang

    BalasHapus
  9. mantap om teorinya berhasil d buktiin d rmh sy..
    :)

    BalasHapus
  10. Aje gile top markotop brot petuahnya. Mo yoba ahhh tengggkiuuu brot

    BalasHapus
  11. mantap emang mas. naik sinyalnya

    BalasHapus