Selamat Datang di Halaman Blog Polres Sumbawa Barat | Link ke polri.go.id | Telah launching sms dan telephone pengaduan masyarakat di nomor 081915998885 sehingga bagi anda yang memiliki informasi kriminal silakan sms ke nomor tsb dan akan segera kami tindak lanjuti. Hubungi kami untuk informasi tempat - tempat vital di KSB | Gabung di Facebook Polres Sumbawa Barat "ANGGOTA POLRES KSB" untuk mendapatkan berita dan informasi kegiatan terbaru di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat

Selasa, 19 Oktober 2010

Sepat Makanan Khas Sumbawa Barat

Teman - teman, apakah kalian pernah merasakan masakan daerah Sumbawa,terutama di daerah Sumbawa Barat.. Sebelumnya itu Sumbawa Barat itu dimana yaa ????

Daerah Sumbawa Barat terletak di Nusa Tenggara Barat, daerah ini terletak di P. Sumbawa bagian barat, daerah ini memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah, Bagi teman - teman yang ingin merasakan masakan khas daerah NTB, terutama masakan khas Sumbawa Barat. Nah kita punya sebuah resep masakan yang mewakili macam - macam makanan yang ada di Sumbawa Barat, Misalnya : Ayam Bakar Taliwang, Singang, Sepat, dll tetapi sekarang yang kita akan bahas disini adalah makanan Sepat yang merupakan salah satu makanan khas daerah Sumbawa Barat,,,



                     IKAN SEPAT

Bahan - bahan yang di Butuhkan untuk Pembuatan Ikan Ini Adalah :

-1 pound ikan segar apa saja, dibakar
-1 buah terong ungu, dibakar, kupas, dirobek kasar.
-daun basil segenggam, robek kasar.
-3 buah shallot, dibakar, kupas
-3 buah kemiri, dibakar
-5 buah thai chilli, dibakar
-1 buah tomat, dibakar
-garam dan msg secukupnya
-air matang segelas
-krupuk kulit
-2 buah jeruk sambel

Cara masaknya :

Uleg garam dan kemiri sampai halus, masukkan shallot, tomat, cabe, diuleg kasar. Masukkan ke mangkok, dikasih air matang, perasan jeruk sambel, msg, terong ungu, daun basil. Cicipi sampe rasanya asam segar menggigit. Kemudian masukkan ikan bakar dan kasi krupuk kulit di atasnya.

Cara makannya:

Jangan digenangi di atas nasi seperti makan sop, tapi di makan terpisah,sendoki nasinya dan sruput sepatnya,begitulah cara Orang Sumbawa makan sepat.

Waahhh../ Dijamin Rasanya TOP BANGET DECH....!!!!

1 komentar:

  1. Blh jG@ Tuch di coba,,cicipi masakan yG rasax Udah asam seger Menggigit Lgi !!! Puuaasti Maknyus,,,,

    BalasHapus