Selamat Datang di Halaman Blog Polres Sumbawa Barat | Link ke polri.go.id | Telah launching sms dan telephone pengaduan masyarakat di nomor 081915998885 sehingga bagi anda yang memiliki informasi kriminal silakan sms ke nomor tsb dan akan segera kami tindak lanjuti. Hubungi kami untuk informasi tempat - tempat vital di KSB | Gabung di Facebook Polres Sumbawa Barat "ANGGOTA POLRES KSB" untuk mendapatkan berita dan informasi kegiatan terbaru di wilayah hukum Polres Sumbawa Barat

Minggu, 16 Januari 2011

BEBERAPA CARA UNTUK MENJAGA KESEHATAN MATA SAAT BEKERJA DI DEPAN MONITOR




Komputer dan berbagai macam-macam kelengkapannya seperti monitor, sudah mnejadi sesuatu yang tidak asing lagi di berbagai kota maupun di beberapa daerah dan khususnya pada perkantoran. Jika kita lihat dari jaman sekarang ini banyak orang harus bekerja dengan alat bantu yang namanya komputer dan banyak orang yang harus secara terus menerus di depan layar monitor sepanjang ia bekerja.

       Tetapi bukan hanya dipergunakan di perkantoran saja namun banyak juga kita jumpai diberbagai tempat seperti tempat kursus, disekolah-sekolahan dan berbagai perguruan tinggi bahkan ditempat tinggal saudara-saudara.
Pada awalnya kita mungkin agak sedikit khawatir mengenai keberadaan maraknya computer akan menimbulkan banyak pengaruh dari sinar radiasi yang dipancarkan langsung dari monitor akan dapat mengganggu kesehatan pada anggota tubuh terutama pada bagian yang langsung berhadapan dengan monitor yaitu terhadap bagian kesehatan mata kita. Namun para ahli tak pernah menyerah untuk menciptakan peralatan yang semakin ramah dengan lingkungan dan kesehatan pada umumnya. Meski begitu, kita bekerja sangat membutuhkan alat Bantu yaitu computer guna menunjang pelaksaan kegiatan yang sangat padat dan di tuntut bekerja lebih professional, pasti kita harus bekerja yang mungkin akan masih banyak memakan waktu yang cukup lama di depan layer monitor tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan di tubuh kita yaitu pada salah satu organ tubuh pada mata yang terlalu lelah, pada pinggang yang terlalu banyak duduk apalagi bila tempat duduk kurang nyaman sehingga akan menimbulkan rasa pegal dan nyeri pada bagian punggung dan pinggang, juga pada organ tubuh yang lain bias kita rasakan misalnya dibagian leher bagian belakang sangat terasa semakin lama kita bekerja di depan monitor semakin tegang dan kaku pada otot leher.

        Bagaiman cara mengatasi semua permasalahan di atas, ada kelelahan dan ada ketegangan pada mata kita dan di bagian leher belakang di saat-saat kita bekerja di depan monitor, cobalah kita untuk mengatasinya untuk menjaga mata kita pemberian dari sang pencipta agar tubuh kita tetap sehat dan selalu siap untuk bekerja sampai berjam-jam di depan monitor, ada beberapa cara untuk mengatasinya :


1.      Pertama kita ciptakan lingkungan kerja yang memadai tidak terlalu sempit dan tidak pengap cukup cahaya, udara dan nyaman, ada beberapa faktor yang utama yaitu percahayaan dalam ruangan kerja anda harus seimbang jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata, terutama pada cahaya dari luar ruangan yaitu cahaya matahari, gunakan kerai secukupnya untuk mengatur masuknya cahaya dari jendela kantor usahakan lampu ruangan tepat di atas kepala anda jangan di atas monitor sehingga cahaya monitor tidak terlalu silau. Hindari anda menatap cahaya monitor secra langsung dan sebaliknya, jangan bekerja di ruangan yang terlalu gelap atau terlalu redup, berikan cahaya, pada ruangan kerja anda yang cukup terang agar mata anda tidak terlalu bekerja keras.

2.      Rawatlah sellalu monitor anda. Periksalah apakah monitor anda masih dapat bekerja dengan sempurna? Dapat anda bandingkan dengan monitor yang ada ditempat lainnya. Apabila gambar atau layar monitor tampak semakin redup atau buram dan berkedip-kedip sehingga tidak nyaman lagi bagi kesehatan mata anda, maka sudah waktunya monitor anda harus di perbaiki atau monitor harus di ganti dengan yang baru saja, tinggal pilih apakah anda sayang monitor atau lebih sayang mata anda dari pada mata terus menerus membiarkan mata anda terganggu. Periksalah dan rawatlah monitor anda secara rutin sehingga bebas dari debu atau kotoran yang mengganggu pada layar monitor.


3.      Gunakan saringan monitor (filter monitor) untuk mengurangi radiasi cahaya sinar dari monitor yang menyilaukan yang di pancarkan oleh layar monitor gunakan filter glass monitor dan bicarakan pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapat filter yang baik an mampu untuk mengurangi radiasi dari pengaruh radiasi bukan hanya untuk meredupkan cahaya monitor saja.

4.      Perhatikan posisi monitor. Layar monitor di tempatkan sedmikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda, hal ini dapat menghindarkan pandangan mata secara langsung karena tidak di pandang secara lurus oleh mata kita dan bisa menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya.


5.       Bekerjalah dengan ukuran (font) yang cukup memadai. Bila anda harus mengedit tulisan di depan komputer pastikan ukuran huruf yang anda akan gunakan cukup jelas dan besarnya di sesuaikan, jangan memaksa mata anda untuk membaca huruf terlalu kecil pada monitor karena akan mengganggu saraf pada mata karena mata anda bukan alat pembesar pada layar monitor. Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau untuk menyesuaikan tampilan gambar pada monitor dan bila telah selesai mengedit atau membaca kembalikan ukuran huruf tersebut pada posisi semula.

6.      Istirahatkan mata anda bila sudah lelah, semoga cara seperti ini bisa bermanfaat bagi kita semua pengguna komputerdi mana saja berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar